Definisi Survey Topografi dalam aplikasi perencanaan | Geopasi Survey

Rumusan / Definisi Survey Topografi / Pengertian Survey Topografi, Tahapan Pekerjaan dan Pelaksanaan Guna mendukung Perencanaan dan berbagai Bidang.

 

Definisi Survey Topografi

Apa itu topografi

Topografi Dalam Definisi singkat menggambarkan fitur fisik suatu wilayah tanah. Fitur-fitur ini biasanya termasuk Format alami seperti gunung, sungai, danau, dan lembah.

Fitur buatan manusia seperti jalan, bendungan, dan termasuk juga kota. Topografi sering mencatat berbagai ketinggian suatu daerah menggunakan peta topografi. Fitur Topografi untuk mempelajari ketinggian dan lokasi bentang alam.

Bentuk lahan – Bentuk lahan yang dipelajari dalam topografi dapat mencakup apa saja yang secara fisik berdampak pada area. Contohnya termasuk gunung, bukit, lembah, danau, lautan, sungai, kota, bendungan, dan jalan.

Ketinggian – Ketinggian, atau ketinggian, gunung dan benda lainnya dicatat sebagai bagian dari topografi. Ini biasanya dicatat mengacu pada permukaan laut (permukaan laut).

Latitude – Latitude memberikan posisi utara / selatan suatu lokasi dalam referensi dari khatulistiwa.

Garis khatulistiwa adalah garis horizontal yang ditarik di sekitar tengah Bumi yang jaraknya sama dengan Kutub Utara dan Kutub Selatan.

Garis khatulistiwa memiliki garis lintang 0 derajat.

Bujur – Bujur memberikan posisi timur / barat dari suatu lokasi.

Bujur umumnya diukur dalam derajat dari “Prime Meridian. Peta Topografi Peta topografi adalah peta yang menunjukkan fitur fisik tanah. Selain hanya menampilkan bentang alam seperti gunung dan sungai, peta juga menunjukkan perubahan ketinggian tanah.

Ketinggian ditampilkan menggunakan garis kontur. Ketika garis kontur digambar pada peta, garis itu mewakili ketinggian yang diberikan.

Setiap titik pada peta yang menyentuh garis harus memiliki ketinggian yang sama. Pada beberapa peta, angka pada garis akan memberi tahu Anda ketinggian untuk garis itu. Garis kontur yang bersebelahan akan mewakili ketinggian yang berbeda. Semakin dekat garis kontur satu sama lain, semakin curam kemiringan tanah.

Dalam Menentukan Ketelitiannya Bentuk lahan untuk mendapatkan Latitude dan Longitude, dapat di representasikan sebagai Berikut:
  • Menjalani Tahap Operasional observasi Statik GPS
  • Inkorporasi Data Titik Posisi dan Ketinggian Survey Topografi.
  • Mendeskripsikan Data Survey Topografi
  • Tahap Definisi dan  Pemberitaan dalam Bentuk Garis Kontur dan Karakteristik Terperinci

Dalam Menjalankan Dalam Definisi Survey Topografi, akan di pandu oleh seorang surveyor. yang tidak lain bertugas sebagai pemimpin di lapangan dalam menentukan Karakteristik, Posisi, dan elevasi tanah yang kemudian dapat dilaporkan dalam bentuk Peta Menyeluruh.

Categories

Scroll Up
Geopasi Survey